Cara Menghitung Volume Besi Beton Bertulang



Besi beton bertulang adalah rancangan yang dibuat dari setiap sudut. Fungsi besi beton bertulang ini adalah mampu memberikan daya tanahan pada bangunan rumah yang lebih kuat. Cara menghitung volume besi beton bertulang menjadi sebuah konsep pada saat membangun rumah dan gedung. Penggunaan atau manfaat pada besi beton bertulang yaitu dapat menghindari kerobohan pada bangunan rumah ketika cuaca sedang tidak membaik. Sebelum mengerjakan pembuatan besi beton bertulang, maka anda harus menghitung luas bangunan terlebih dahulu.
 
Menentukan hitungan pada luas bangunan memiliki tujuan penting bagi bangunan rumah. Berapa besi beton bertulang yang harus dibuat dari setiap titik sudut bangunan rumah. Ketika hitungan luas bangunan sudah ditentukan maka kita akan melanjutkan ke bagian volume besi beton bertulang. Menghitung besarnya volume dapat dipastikan untuk menjaga kestabilan bangunan rumah. Apalagi jika ingin membuat rumah 2 lantai, maka kebutuhan besi beton sangat diperlukan lebih banyak.

Terkadang setiap mengerjakan besi beton bertulang pada bangunan rumah sering mengalami ada sisa atau kekurangan bahan. Penyebab ini biasanya ditimbulkan oleh tidak tahunya ukuran besar volume besi beton. Jadi, untuk menghindari kekurangan pada bahan besi beton, maka anda dapat menentukan cara menghitung volume besi beton bertulang yang lebih tepat, sebagai berikut :

1.       Menentukan hitungan volume besi beton bertulang
Ketika anda ingin membangun rumah minimalis type 36 dengan bentuk L, setiap kolom memiliki ketinggian sekitar 8 meter dengan ukuran sisi 30 cm. Bahan yang digunakan untuk membuat tulang besi beton ukuran D 13 dengan panjang 12 m, berat 7,4 kg. Berapakah volume besi beton bertulang?
Langkah pertama menghitung kebutuhan besi beton
B = 4 X T : P
B = 4 X 8 : 12
B = 32 : 12
B = 2,7
Berat besi beton D 13 yaitu 7,4 kg X 2,7 = 19,98 kg.
Langkah kedua menghitung besi cincin
Panjang besi cincin D 8= 70 cm, jarak pemasangan 10 cm. Jumlah besi cincin yang harus dibutuhkan adalah 8 m : 10 cm (0,1 m) = 80 buah besi cincin. Sedangkan total panjang besi adalah 56 m dan berat besi cincin = 22,12 kg
Jadi, total volume besi beton bertulang adalah 0,3344 m3

Itulah salah satu contoh cara menghitung volume besi beton bertulang yang dapat disampaikan dan menjadikan salah satu inspirasi bagi kita semua ketika ingin membangun rumah.

0 Response to "Cara Menghitung Volume Besi Beton Bertulang"

Posting Komentar

Silahkan Komentar, Tapi Yang Sopan dan Jangan Nyepam Link Url di Kolom Komentar Yah Gan, Terimakasih